Perbaiki diri

Lama juga tidak menulis di blog gaya hidup minimalis ini, sudah hampir 2 tahun. Dalam kurun waktu 2 tahun itu ternyata banyak juga yang masih pengunjung blog ini. 

Memang agak berat untuk menulis tentang Gaya hidup minimalis, yang mempunyai konsekuensi ke diri saya sendiri untuk menjalankan apa yang telah saya tulis.

Dari masih banyak dikunjunginya blog ini, saya mencoba untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk perbaiki diri yang tujuannya pengingat dan mencoba memberi inspirasi bagi orang lain.

Hidup minimalis dimulai dari diri kita yang selanjutnya ikut melibatkan orang lain di sekitar kita, paling dekat adalah keluarga. Dan memulainya dari hal yang kecil, dan berkelanjutan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai lagi, saya akan memaksimalkan waktu dan pikiran untuk berbagi.

Mungkin beberapa hal yang akan saya jalankan dan perbaikan diri

Spiritual

Di bulan Ramadhan ini, waktu yang tepat untuk mengembleng dalam rangka perbaikan yang lebih baik. Sholat tepat waktu di masjid, memperbanyak membaca Al quran serta memulai menghapalkannya, berinfaq lebih sering. Harapannya setelah bulan Ramadhan berakhir, Kita masih kontinu untuk menjalankan perbuatan yang berkaitan dengan spiritual hubungan dengan Sang Pencipta.

Kesehatan

Kita harus bersyukur dengan kesehatan yang ada, apalagi bila kita membandingkan dengan kerabat atau teman yang sedang sakit. Begitu berharganya sehat. Alhamdulillah bisa merasakan turun berat badan lebih dari sepuluh kilogram, yang memberikan kenikmatan dalam beraktifitas. Salah satu kunci penting adalah memperbaiki pola makan.

Memaafkan

Dalam kehidupan ini terkadang kita berpikir bahwa apa yang kita alami terjadi ketidakadilan, padahal kita tidak tahu ada hikmah apa dari apa yang kita alami. Apabila kita menyakini bahwa Sang Pencipta itu Maha Adil, maka memaafkan orang lain atas perbuatan atau tindakan yang tidak menyenangkan kepada kita akan memberikan ketenangan jiwa.

Keuangan

Salah Satu poin penting dalam perbaikan diri adalah di sisi keuangan, bagaimana Kita bisa mengontrol apa yang Kita terima Dan bagaimana Kita mengelola uang yang ada. Menahan nafsu untuk membeli barang adalah yang paling penting di kondisi sekarang in, begitu banyak godaan until membeli sesuatu yang terkadang tidak Kita butuhkan sama sekali.

Memberi Manfaat

Berbagi dengan sesama bisa dilakukan melalui banyak hal, misalkan dengan menulis blog, menjadi relawan sosial, takmir masjid atau pelayan gereja. Dengan beraktifitas yang dapat memberi manfaat, akan memberikan semangat dalam menjalankan hidup ini.

Bebas dari keberantakan

Hal terpenting di gaya hidup minimalis adalah clutter free. Begitu banyak barang yang kita miliki di rumah, yang membuat stress bagaimana menatanya, mencari sesuatu pada saat dibutuhkan, memilih baju apa yang akan dipakai setiap harinya, atau pun yang tidak kalah pusingnya melihat bertebaran mainan dari anak-anak Kita. Harus segera bertindak untuk mengatasi itu semua, di artikel selanjutnya akan Kita bahas lebih dalam masalah clutter free ini.

Mengatur waktu

Di era digital ini, begitu banyak waktu yang terbuang sia-sia. Media sosial, televisi, notifikasi chat, game di hp atau pun banyaknya pekerjaan yang harus Kita hadapi setiap harinya. Manajemen waktu sangat diperlukan untuk memaksimalkan energi serta waktu yang Kita miliki. Berapa banyak orang yang yang menjalani Hari Demi Hari dengan Hal yang sama. 

Perbaikan diri yang paling sederhana dapat Kita jalankan mencontoh Aa Gym, dari hal yang kecil, dari diri sendiri dan dari sekarang juga. Mari ikut bersama saya melangkah lebih baik demi masa yang akan datang.

Advertisements

One thought on “Perbaiki diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s